Translate :
 
 
 
 

 

 
 
 

RAHASIA NOMOR TELEPON

 

 

Saat ini manusia telah begitu kecanduan dengan tehnologi. Pernahkah anda membayangkan saat ini anda tidak memegang HP atau anda tidak memiliki HP, bagi anda yang telah terbiasa dengan HP kemudian kehilangan atau bahkan tidak memegang HP maka bisa dibayangkan betapa galaunya diri anda hanya karena saat ini anda tidak memiliki atau tidak memegang HP. Jadi kesimpulannya adalah manusia modern begitu tergantung dengan teknologi khususnya telepon genggam ( HP ) . Pernahkan anda memikirkan bahwa nomor telepon yang pernah anda gunakan maupun nomor yang sekarang anda pakai memiliki sejarah yang menarik dalam hidup anda ?

Bagaimana sebenarnya sejarah telepon ? Pada awalnya dibutuhkan seorang operator telepon, karena pada dasarnya anda tidak bisa menghubungi secara langsung ke nomor telepon yang dituju. Yang harus anda lakukan adalah menelepon operator terlebih dahulu untuk minta disambungkan ke nomor tujuan.

Dengan teknologi yang masih kuno seperti pada awal perkembangan telepon terdapat cerita menarik dari Almond B Strowger di Kansas City yang memiliki bisnis yang semakin lama semakin merosot walaupun berbagai cara dia lakukan. Usut punya usut ternyata semua telepon yang ditujukan kepada usahanya ternyata dialihkan ke pesaingnya oleh operator telepon saat ini. Dan ternyata operator telepon nakal tersebut adalah istri dari pesaing Strowger. Dengan memanfaatkan jabatannya ternyata sang operator memindahkan konsumen dan pelanggan Strowger ke nomoer telepon pesaingnya. Sejak saat itu Strowger bertekat supaya orang tidak perlu menelepon operator agar terhubung dengan telepon tujuan. Maka pada tahun 1888 Stroeger telah menyempurnakan penemuan teleponn dengan sistem rotary dial. Sejak ditemukannya sistem tersebut maka pelanggannya bisa langsung menelepon tujuan hanya dengan memutar nomor si penerima tanpa melalui operator.


Untuk menghubungi seseorang, penelepon harus memutar sebanyak 4 kali (4 digit nomor). Aturan utamanya adalah tidak ada nomor yang berawalan 1 atau 0, karena 0 digunakan untuk menghubungi operator dan 1 untuk internal switch. Jadi anda tidak bisa menghubungi 0291, karena begitu anda menekan tombol 0 anda akan langsung terhubung ke operator. 


Tahun 1922 telah diperkenalkan jenis Telephone Exchange Name sebagai pengganti nomor telepon yang biasa supaya mudah diingat. Formatnya adalah dua digit yang pertama diganti dengan huruf kemudian disambungkan menjadi sebuah nama, contoh KL 5 = 555, coba anda lihat telepon genggam anda, dimana huruf K dan L ada di tombol 5. Biasanya dua abjad tersebut jika digabung dengan abjad lain menjadi sebuah nama, contoh KLondike 234, berarti nomor teleponnya adalah 555-234, anda bisa mengabaikan huruf "ondike". Itu sebab itu anda akan sering melihat sebuah nomor telepon yang terdiri dari huruf dan nama. di Amerika

Sejarah Kode Area 

Pada tahun 1950 mulai diperkenalkan kode area, dengan nomor kedua adalah 1 atau 0, kenapa ada kode area? Karena tanpa kode area maka sumber daya nomor akan cepat habis sedangkan kebutuhan terhadap nomor telepon semakin meningkat. Dengan adanya nomor area maka nomer yang sama bisa dipakai oleh orang yang berbeda dengan kode nomer area yang berbeda pula. Selain itu dengan adanya kode area orang tidak terlalu banyak menghafalkan nomor telepon.

Aturan kode area diawal adalah seperti ini: 

  1. Jika digit pertama 0 maka disambungkan ke operator
  2. Jika digit kedua bukan 0 maka dianggap sebagai telepon lokal
  3. Jika digit kedua adalah 0 maka lanjut ke digit ketiga dan dianggap panggilan jarak jauh
  4. Jika digit ketiga adalah 0 maka itu dianggap nomor khusus
  5. Jika digit kedua adalah 1 maka lanjut ke digit ketiga 
  6. Jika digit ketiga adalah 1 atau 0 maka masuk ke nomor khusus 
  7. Jika digit ketiga selain 1 atau 0 maka dianggap panggilan jarak jauh.
  8. Contoh : 911 (panggilan darurat)

Kenapa hanya tombol 1 dan 0 yang tidak memiliki abjad ? Kemungkinan besar tidak ada abjad di tombol nomor 1 dan 0 adalah karena dijaman dulu 1 dan 0 dilarang digunakan kecuali untuk keperluan khusus, maka dari itu abjad dimulai dari tombol 2 pada telepon.

 

Salam,

Dwi Hartoyo, SP

REFERENSI
http://www.apakabardunia.com/2013/02/fakta-unik-mengenai-nomor-telepon-yang.html
http://terselubung.blogspot.com/2013/03/fakta-unik-mengenai-nomor-telepon-yang.html